Sabtu, 27 Februari 2010

Recognizr, Aplikasi Pengenal Wajah di Dunia Maya


Apakah Anda terhitung "eksis" disetiap ragam situs jejaring sosial di dunia maya? Jika jawabannya ya, maka Anda harus mengetahui mengenai aplikasi pengenal wajah atau recognition.
Salah satu yang akan segera rilis yaitu Recognizer. Aplikasi ini memungkinkan pencarian identitas dalam bentuk 3D yang terhubung dengan internet dan berjalan di sistem operasi android.


Dari segi positifnya Recognizr memudahkan penggunanya untuk mengetahui alamat rumah, nomor telepon dan akun email dari teman, kerabat atau seseorang yang baru dikenal.
Caranya begitu mudah, sebelumnya Anda menyusun terlebih dahulu data-data akun Anda yang diperlukan dalam ponsel. Usai disetting, Anda hanya perlu memfoto subyek yang Anda ingin tahu, lalu muncul opsi pilihan mulai dari akun YM, Youtube, Facebook, atau Flikcr.

Sisi negatifnya, aplikasi ini memungkinkan terjadinya kejahatan dari orang-orang disekitar Anda, dan "paparazi amatir" mungkin saja termasuk pihak yang paling bahagia akan kehadiran aplikasi ini.
Perlu diketahui, aplikasi pengenalan wajah terus bermunculan dan berkembang pesat. Sejauh ini, teknik 3-D merupakan bentuk evolusi sempurna model pencarian informasi mengenai bentuk wajah. Informasi ini kemudian digunakan untuk mengidentifikasi ciri-ciri pada permukaan wajah, seperti kontur mata, hidung, dan dagu.

Hasilnya, produk hasil evolusi aplikasi pengenal wajah telah hadir, sebut saja Google Picasa dan Apple iPhoto. Keduanya mampu menghadirkan fitur pengenalan wajah serta memungkinkan terjadinya asosiasi wajah-wajah.

Hingga kini, Recognizr masih dalam tahap pengembangan dan belum dirilis. Namun, ada baiknya Anda mulai berhati-hati.

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Unik dan Menarik

Text Widget

Related Posts with Thumbnails