Selasa, 09 Maret 2010

Ponsel HTC Magic Sebar 'Kupu-kupu' Berbahaya

Firma antivirus Panda Security menemukan adanya malware di ponsel Android HTC Magic. Malware itu berhubungan dengan botnet Mariposa yang menjangkiti 12,7 juta komputer.

“Hari ini salah seorang kolega kami menerima sebuah HTC Magic Vodafone terbaru dengan sistem operasi Google Android,” tulis peneliti Pedro Bustamante di blog Panda Research.

“Hal yang menarik adalah ketika ponsel dihubungkan ke PC melalui USB maka antivirus Panda Cloud Antivirus mendeteksi baik autorun.inf dan autorun.exe sebagai ancaman yang berbahaya (malicious),” tulisnya.

“Sebuah pengamatan singkat melihat potensi bahwa ponsel akan dengan cepat melepaskan infeksinya dan menyebarkan ke semua komputer personal yang terhubung dengan ponsel tersebut.”

“Malware tersebut mulai menelpon kembali ke tempat asalnya untuk instruksi,” tulis Bustamante.

Malware tersebut terhubungan dengan botnet Mariposa, tetapi ada malware lain di dalam perangkat tersebut, yakni Conficker dan trojan keluarga pencuri-password.

The Register menyebut Vodafone sedang menginvestigasi masalah tersebut.

“Mengikuti tes jaminan kualitas secara luas terhadap handset HTC Magic, indikasi awal bahwa ini adalah insiden lokal yang terisolasi,” sebut Vodafone.

Pekan lalu, tiga orang ditahan di Spanyol atas tuntutan mengoperasikan sebuah botnet masif yang tersusun dari 12,7 juta personal komputer yang mencuri kartu kredit dan data log-in bank dan menginfeksi komputer separuh dari seribu perusahaan Fortune dan lebih dari 40 bank.

Botnet tersebut dijuluki Mariposa yang berarti kupu-kupu di Spanyol.

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Unik dan Menarik

Text Widget

Related Posts with Thumbnails